CV Waroeng Teknologi Jaya Teknik Kontraktor AC dan HVAC Professional

Kontraktor, Toko dan Penyedian Jasa Layanan Perawatan, Perbaikan, Rekondisi dan Retrofit AC serta Distributor AC di Jepara, Kudus, Demak dan Semarang

HOT NEWS

29 July 2017

Duh, TDL listrik naik lagi ?solusi nya ?

Baru - baru ini beredar di dunia maya , kenaikan tarif adjustment TDL PLN dari daya 1.300 watt ke atas dari PLN, bagi yang tidak tahu mengenai tarif adjustment adal;ah sebagai berikut :

Tariff adjusment adalah mekanisme mengubah dan menetapkan turun naiknya besaran tarif listrik mengikuti perubahan besarnya faktor ekonomi mikro, agar tarif yang dikenakan kepada konsumen mendekati Biaya Pokok Penyediaan Listrik (BPP).

 Dari penjelasan di situs www.pln.co.id kenaikan tarif adjusment dipengaruhi oleh :
a. Faktor kurs mata uang
b. Harga BBM dan
c. Inflasi

Berikut tabel kenaikan harga Tarif Adjusment

Dengan kenaikan bulan yang lalu, membuat kita menjerit keras, tagihan rumah dengan daya 900 VA dengan 1 unit AC 1/2 PK yang sudah di modifikasi dengan menurunkan konsumsi dayanya per bulan sebelum kenaikan cuman Rp. 140.000,-/bulan, dengan kenaikan TDL naik menjadi Rp. 250.000 sampai Rp. 300.000 / bulan, lalu bagaimana dengan yang masih belum diturunkan konsumsi daya listrik AC nya ? dari beberapa pelanggan kami mendapatkan masukan yang biasanya Rp.300.000/ bulan sekarang menjadi Rp. 600 - 700 rb per bulan, luar biasa bukan ?

Pertanyaan nya :
Adakah cara menyiasati kenaikan Listrik yang gila - gilaan ? disisi lain kita juga butuh udara nyaman ?

Jawabannya :
Ada, ada beberapa cara menurunkan konsumsi daya listrik kita yaitu :
  1. Pilih AC dengan kapasitas sesuai kebutuhan ruangan, janga terlalu besar atau kecil.
  2. Gunakan AC yang low watt atau inverter, untuk jenis ac Inverter harga unit dan perawatan lebih mahal.
  3. Mengganti freon yang digunakan ke Musicool MC 22 , untuk unit AC lama dengan freon R22 dapat turun +/- 30% dari konsumsi daya listriknya sedangkan pada unit AC dengan freon baru R32 dan R410a dapat turun hingga 50%.
  4. Setting suhu pemakaian awal di 16 atau 18 derajat setelah 30 menit naikan suhu ke suhu nyaman 25 derajat celcius, hal ini akan menghentikan kompresor untuk bekerja sehingga konsumsi listrik turun.
  5. Cuci unit AC anda tepat waktu sesuai saran teknisi AC anda , Teknisi yang baik akan memberikan masukan sebaiknya dicuci berapa bulan sekali.
Mengenal Musicool 
Musicool adalah refrigerant / freon masa depan , Musicool masuk dalam kategori Hydrocarbon yang bersifat alami dan di Indonesia dihasilkan di Plaju Palembang dengan kualitas terbaik se dunia. Musicool tidak menyebabkan perusakan OZON  ( ODP ) dan gas rumah kaca ( GWP = Global warming potential) sehingga sangat ramah lingkungan, dengan mengganti freon dari HCFC dan HFC berarti kita ikut menjaga terjadinya Perubahan Iklim yang terjadi sekarang, setiap pelesapan freon ke alam bebas maka akan hilang di atmosfer kita selama 25 tahun.

Gambar terkait
MUSICOOL MC 22
Sifat Musicool yang alami ini , menjadikan refrigerant /freon masa depan dan menurut isu yang beredar Bulan Agustus 2017 sudah diproduksi AC dengan refrigerant Hydrocarbon / musicool dengan brand AICOOL , di luar negeri terutama di China sudah keluar tahun lalu AC dengan menggunakan Hydrocarbon R290 tetapi di Indonesia belum, kenapa ?

Menurut kami karena , ketidak siapan teknisi kita bekerja pada refrigerant yang bersifat alami, salah satu sifat dari hydrocarbon adalah mudah terbakar, dengan sifat minusnya dapat menjadikan momok jika teknisi tersebut tidak mengenal baik hydrocarbon ( R 290 ). Padahal sehari hari kita sudah sering menggunakan gas jenis hydrocarbon , contohnya Tabung gas elpiji, korek gas, spray pengharum ruangan dan masih banyak lagi 

Keunggulan dari hydrocabon / Musicool jika digunakan maka kita akan dapat beberapa keuntungan sebagai berikut :
  1. Tidak perlu penggantian part.
  2. Pada refrigerant R22 tidak dibutuhkan penggantian oli.
  3. Penurunan daya listrik pada AC R22 dapat mencapai +/- 30% dan pada AC R32/R410a dapat mencapai +/- 50%.
  4. Umur kompresor lebih panjang dan awet karena tekanan yang tidak begitu tinggi.
Apakah mudah mengganti freon lama dengan musicool ?
jawabanya adalah tergantung teknisi yang menangani, sebaiknya cari teknisi yang sudah memiliki sertifikasi pelatihan musicool dan mau mengerjakan sesuai Standart Operasional Pelaksanaan ( SOP ) hal ini akan menjamin kerberhasilan dalam melakukan proses RETROFIT dari refrigerant lama ke refigerant baru.


Pemerintah bahkan sudah mengeluarkan Standart Nasional Indonesia ( SNI ) terbaik Instalasi dan retrfit ini yaitu 
  1. SNI 06-6500-2000 : Aturan Keamanan Penggunaan Refrigerant pada Instalasi Tetap
  2. SNI 06-6511-2000 : Pedoman Keamanan Pengisian, Penyimpanan dan Transportasi Refrigerant Hidrokarbon
  3. SNI 06-6512-2000 : Pedoman Praktis Pemakaian Refrigerant Hidrokarbon Pada mesin Tata Udara Kendaraan Bermotor
Bahkan dalam peraturan Menteri sudah disebutkan bahwa Hydrocarbon ( R290 ) wajib digunakan oleh lembaga pemerintah, BUMN, BUMD tetapi sayangnya sosialisasinya kurang sehingga banyak yang tidak tahu, maka teknisi AC yang sudah tersertifikasi ini lah yang mau tidak mau menjadi ujung tombak dalamn sosialisasi.

Nah , solusi sudah ada keputusan tinggal ditangan anda dalam menyikapi kenaikan TDL ini, ingin hasil yang maksimal , CV. Waroeng Teknologi Jaya Teknik adalah solusi nya.

Segera hubungi kami di 
 CV. Waroeng Teknologi Jaya Teknik
Jl. Ki Mangunsarkoro Gg Kesatrian no 20 Jepara
HP/ WA : 082335555969
Kontak Person : Arif Darmawan


No comments:

Post a Comment