CV Waroeng Teknologi Jaya Teknik Kontraktor AC dan HVAC Professional

Kontraktor, Toko dan Penyedian Jasa Layanan Perawatan, Perbaikan, Rekondisi dan Retrofit AC serta Distributor AC di Jepara, Kudus, Demak dan Semarang

HOT NEWS

04 March 2018

Cara pasang AC Daikin yang baik dan Benar - Melayani Jepara, Kudus, Demak dan Semarang

Beberapa saat yang lalu , customer kami membeli unit AC Daikin Inverter type FTKC15PVM4, dengan pembelian unit dari kami dan dipasang oleh teknisi langganan nya. Mengeluhkan unit AC Daikin Inverter tidak dingin dan air menetes ( sayang saat kami lakukan pengechekan , kami tidak dokumentasikan ) dan meminta tukar type lain. Sebagai Dealer Resmi Daikin , kami menawarkan solusi untuk melakukan pengechekan secara gratis. Dari hasil verifikasi yang kami lakukan dapat kami simpulkan kesalahan sebagai berikut :
  1. Pemasangan unit indoor miring ke arah kiri, sehingga menyebabkan air dari unit indoor tidak dapat mengalir sesuai harapan.
  2. Lobang pipa indoor ke outdoor tidak menurun tetapi ke atas.
  3. Sumber listrik dari colokan listrik biasa.
  4. Unit tidak di vacum dengan baik atau bahkan tidak di vacum sama sekali.
Kami tawarkan solusi nya untuk Instalasi ulang menyeluruh, dengan gratis dan customer kami hanya menanggung biaya material yang dikeluarkan. Akhirnya disepakati dan kami melakukan Instalasi unit AC Daikin Inverter ulang.

Bracket Indoor Daikin sudah memiliki jarak dan tata cara pemasangan
Posisi lobang pipa yang berfungsi juga untuk pembuangan air terhadap bracket sudah terukur, jika teknisi yang belum berpengalaman seharusnya dapat membaca buku panduan instalasi yang disertakan dalam produk. Titik lobang tengah terhadap bracket sudah terlihat jelas dan berjarak 65 mm atau 6,5 cm. Disini kami pindahkan bracket indoor nya agar sesuai dengan ukurannya. Jarak ini berlaku dari AC daikin kapasitas 0,5 PK sampai 1,5 PK.

Perbaikan selanjutnya adalah pada lobang pipa dan pembuangan air. 
Posisi Lobang harus miring ke bawah dari unit Indoor
Lobang pipa dan pembuangan air kami buatkan kembali dengan menggunakan bor hole saw diameter 65 miring kebawah.

Selanjutnya adalah PENGKABELAN pada unit indoor dan Outdoor
Pengkabelan pada unit Inverter berbeda pada unit NON INVERTER, pada unit non inverter minimal menggunakan kabel isi 2 tetapi pada unit INVERTER minimal isi 3 dan sangat disarankan GROUNDING dipasang apabila tidak ada grounding pada kelistrikan rumah, dapat dibuatkan sendiri dengan sederhana melalui BRACKET OUTDOOR. Sumber arus unit INVERTER terletak pada unit OUTDOOR, sedang pada unit NON INVERTER terdapat pada unit INDOOR. Ideal untuk unit INVERTER menggunakan kabel 4 x 1,5 mm untuk kapasitas 0,5 PK sampai 1 PK sedangkan pada kapasitas 1,5 hingga 2,5 PK menggunakan kabel ukuran 2,5 mm.

Diagram pengkabelan kelistrikan pada unit Inverter
Sambungkan aliran listrik dari PLN ke unit Outdoor dengan menggunakan MCB 6A tersendiri atau minimal dengan fuse 15 A.
MCB 6A
atau minimal menggunakan stop kontak khusus AC seperti gambar dibawah ini yang sudah dilengkapi dengan fuse pengaman 25A
Stop kontak AC
Perbaikan selanjutnya ada pada sambungan pipa , sebaiknya menggunakan kunci TORSI dimana ke kecangan sudah terukur dengan sesuai dengan standart.
Terlalu kencang tidak baik , kurang kecang juga tidak baik
Dengan kunci torsi, kekecangan akan dibatasi oleh kunci torsi yang menjamin tidak merusak flaring yang sudah dibuat.

Langkah selanjutnya ada proses pem VACUMAN pada pipa indoor ke outdoor, dalam kasus ini berbeda, karena proses VACUM TIDAK DILAKUKAN , maka refrigerant dibuang kemudian dilakukan proses vacum, memang memakan waktu untuk sebuah instalasi atau cara pemasangan AC Daikin yang baik dan benar.

Alur proses VACUM
karena dilakukan proses pemvacum seluruh sistem, membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dengan mesin vacum 3/4 HP. Setelah proses VACUM ini dilakukan test kebocoran pada unit, test kebocoran kami menggunakan Refrigerant R32 dengan tekanan 100 psi , tunggu antara 10-15 menit , jika tekanan tidak turun maka dapat dilakukan menghidupkan unit untuk proses pengisian refrigrant sesuai berat yang dibutuhkan, ideal menggunakan timbangan refrigerant.

Selanjutnya adalah TEST RUNNING UNIT, pada saat melakukan test running unit ini teknisi harus tahu apa yang harus dilakukan yaitu merubah mode REMOTE menjadi TRIAL , ukur tekanan refrigerant, Ukur Amper Outdoor sesuaikan dengan namplate Outdoor.

Pemasangan unit Daikin yang baik dan benar memang membutuhkan waktu dan kesabaran , hal ini untuk menghindari disfungsi dari unit AC DAIKIN kedepannya. Pembelian unit oleh konsumen mengharapkan unit akan mampu bertahan hingga 5-10 tahun kedepan. Memang antara biaya pembelian unit AC Daikin Inverter kapasitas 1/2 PK seharga Rp. 5 Jutaan jika dibandingkan dengan biaya instalasi yang masih dibawah Rp. 500.000,- an belum ada sekitar 20% dari harga unit untuk melakukan hal yang sepadan, perlu edukasi atau penjelasan kepada pemilik untuk memahami persyaratan Instalasi AC yang baik dan benar terutama untuk AC kelas Inverter. Dari penjelasan kami diatas dan tindakan yang kami lakukan , pelanggan merasa nyaman dan puas terhadap layanan kami, AC Daikin Inverter yang dibeli pun berjalan sesuai standart dari DAIKIN, saat beban pendinginan puncak amper mencapai 1,7 A saat sudah mulai tercapai amper turun ke 1,5A dan sayangnya kami tidak mengukur saat suhu ruangan tercapai/

Demikian yang kami sampaikan , semoga konsumen atau pemilik AC dapat mengetahui tata cara pemasangan AC yang baik dan benar sehingga unit AC dapat digunakan dengan NYAMAN dan AWET.

Apabila anda memiliki masalah yang sama, segera lakukan tindakan diatas agar tidak mengalami kerugian atau permasalahan yang lebih serius, anda dapat menghubungi kami di :


CV. WAROENG TEKNOLOGI JAYA TEKNIK
HP / WA : 082335555969
Email : waroengteknologiac@gmail.com
Jepara : Jl. Ki Mangunsarkoro Gg Kesatrian no 20 B Jepara
Semarang : JL. Palir Dalam III Ngaliyan Semarang.
Boyolali : Jl. Pendawa no 5 Boyolali.
Up. Arif Darmawan 




No comments:

Post a Comment