CV Waroeng Teknologi Jaya Teknik Kontraktor AC dan HVAC Professional

Kontraktor, Toko dan Penyedian Jasa Layanan Perawatan, Perbaikan, Rekondisi dan Retrofit AC serta Distributor AC di Jepara, Kudus, Demak dan Semarang

HOT NEWS

19 April 2019

Solusi AC Hemat Listrik dan berperan serta menjaga PERUBAHAN IKLIM GLOBAL, Melayani Jepara, Pati, Kudus, Semarang, Boyolali , Jogjakarta dan sekitarnya

Beberapa faktor dalam memilik unit pendingin ruangan ( AC ) adalah biaya operasional yang semakin meningkat, beberapa faktor operasional AC terdiri dari 2 faktor yaitu :
  1. Biaya Listrik, dan
  2. Biaya suku cadang mesin pendingin ruangan / AC.
Biaya Listrik
AC merupakan konsumsi terbesar pada Instansi/ Perusahaan serta rumahan yaitu sekitar 60 - 70% yang harus dikeluarkan untuk biaya daya listrik yang digunakan dimana harga TDL Listrik selalu berubah - rubah mengikuti fluktuasi dari kurs dollar dan faktor lainnya.


Faktor lain tingginya konsumsi listrik adalah perawatan berkala pada unit AC yang masih jarang diperhatikan oleh konsumen, moto konsumen selalu menggunakan kaidah AC Masih dingin tidak perlu dirawat. Padahal ketika bagian evapurator dan kondensor semakin kotor , akan mengakibatkan kinerja kompresor semakin berat dan akhirnya berpengaruh pada konsumsi listrik dan berkurangnya umur dari kompresor.

Biaya Suku Cadang
Biaya Suku cadang juga dipengaruhi dari fluktuasi mata uang dollar dan jenis unit acnya , dimana saat ini masih ada AC yang menggunakan refrigerant R22 , R410 dan R32. Jenis refrigerant ini sudah mulai dihentikan karena dapat merusak ozon dan pemanasan global dunia. Solusi dari ini semua dengan menggunakan refrigerant / freon R290 dimana dipasaran di Indonesia banyak ditemukan merk Musicool ( Pertamina ) , ARTEK dan HC22.

Solusi
Untuk menghindari biaya operasional listrik di AC dapat ditempuh beberapa alternatif yaitu :
1. Menggunakan AC Jenis Inverter.
3. Instalasi listrik yang baik dan benar sesuail PUIL 2011.
2. Mengganti refrigerant aslinya dengan refrigerant Hidrokarbon ( HC ).

Nah , sudah ketemu nih solusi nya, yuk kita bahas satu per satu agar kita bisa hemat dalam menggunakan listrik kita.

Menggunakan AC Jenis Inverter
AC jenis Inverter memang sangat dianjurkan agar kita bisa menggunakan daya listrik hemat, sistem kerja AC Inverter secara garis besar, bekerja berdasarkan target suhu yang kita inginkan, apabila suhu yang kita inginkan , kompresor akan tetap bekerja untuk mempertahankan suhu ruangan dengan putaran kompresor yang rendah , sehingga konsumsi daya listriknya turun secara dratis, hasil pengamatan kami selama 24 jam , jika suhu tercapai maka dan dipertahankan , daya listrik yang dibutuhkan hanya 75 watt saja.

Kekurangan dari AC Jenis Inverter ini diantaranya yang paling meninjol adalah harga ac inverter yang mahal, suku cadangnya yang masih mahal juga. Agar awet , wajib dilakukan saat instalasi adalah memenuhi instalasi sesuai SOP , hal ini tentu berpengaruh pada biaya Instalasi unit AC Inverter.

Instalasi Listrik yang baik dan benar 
Instalasi kelistrikan dirumah dan terutama pada gedung harus sesuai dengan Panduan Umum Instalasi Listrik ( PUIL ) yang terakhir adalah 2011.

Pada perumahan perlu dilihat terutama adalah jenis kabel dan ukuran kabelnya, pada jenis kabel gunakan jenis kabel minimal NYM dengan ukuran minimal 3 x 1,5 mm dan terpasang grounding dengan baik dan benar , pada ukuran besaran kabel ini 1,5 mm digunakan pada AC 1/2 PK - 1 PK, dimana kekuatan arus maksimal pada ukuran kabel 1,5 mm adalah 1.100 watt. Hal ini masih dipengaruhi temperatur udara yaitu maksimal 40oC guys.

Mengganti refrigerant asal dengan refrigerant Hidrokarbon ( HC ).
Dipasaran memang terdapat banyak merk hidrokarbon tetapi yang banyak beredar dan mudah didapatkan adalah merk MUSICOOL MC22 yang diproduksi oleh PERTAMINA yang saat ini banyak ditemukan dipasaran.

Kenapa menggunakan hidrokarbon ( HC ) dapat menurunkan konsumsi listrik ? dalam refrigerant HC atau musicool ini adalah volume yang diisikan kedalam unit berbeda pada refrigerant lain , salah satu contohnya pada unit ac kapasitas 1 PK jika menggunakan refrigerant R22 , volume refrigerant yang harus dimasukan kedalam unit berkisar 600 gr sedangkan jika menggunakan Musicool cukup antara 300 - 400 gr dan secara tekanan sama dengan R22 yaitu antara 70 - 75 psi.

Berapa besaran konsumsi listrik yang bisa diturunkan ? besaran yang dapat diturunkan oleh Musicool tergantung dari jenis refrigerant asal, Musicool sendiri dapat diterapkan pada unit AC lama maupun AC jenis refrigerant baru yaitu R410 dan R32.

Besaran ini tergantung pada kondisi unit dan teknik yang digunakan, Pertamina sebagai pabrikan refrigerant ini telah banyak melakukan sertifikasi pada teknisi untuk melakukan proses pengantian refrigerant atau dikenal dengan Retrofit.

Keuntungan menggunakan Musicool Pertamina ini adalah sebagai berikut :
  1. Penurunan Daya lsitrik pada unit AC.
  2. Proses Pendinginan lebih baik dan performance unit lebih tinggi, biasanya standart unit dalam performance unit adalah berkisar 8 oC tetapi menggunakan Musicool dapat meningkat 12 oC. Penasaran yah... dengan performance unit, nanti kita bahas dibawah nya ya.......sabar guyss hehehehe
  3. Kabel Instalasi listrik akan lebih awet karena beban turun.
Performance unit adalah kemampuan unit AC dalam transfer kalor panas menjadi dingin dalam ruangan, sehingga ruangan menjadi cepat dingin sesuai suhu yang dicapai, performance unit diukur pada unit unit indoor, dimana pada unit indoor ini ada udara masuk dan udara keluar.Sebagai contoh , udara masuk kedalam unit indoor 25oC sedangkan udara yang keluar dari unit indoor dihasilkan 17 oC maka selisih yang didapat adalah 8 oC , semakin besar selisihnya , ruangan akan semakin cepat dingin dan apabila selisih dibawah 8 oC maka unit AC anda bermasalah. Penyebabnya apa ? nanti kita bahas pada artikel selanjutnya yah guyssss hehe.

Selisih biaya pembayarah listrik biasanya antara Rp. 50.000 - 100.000/bulan hal ini juga dipengaruhi faktor voltage listrik anda dan berapa lama unit AC hidup per jam dalam satu hari.

Nah, Musicool ini termasuk refrigerant yang ramah lingkungan mari kita lihat tabel dibawah ini 
Perbedaan refrigerant R22, R410, R32 dan R290
Wah , apa nih min kok ada ODP, GWP , Cooling Index dan Flammability ? Penasaran yah ? mari kita jelaskan.

ODP singkatan dari Ozone Depleting Potential artinya memiliki potensial merusak lapisan ozon dilangit kita , efek dari rusaknya ozon adalah sinar ultra violet akan langsung ke bumi sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit, suhu bumi akan meningkat dan tidak ada perlindungan dari benda - benda dari langit yang akan menimpa bumi kita.

GWP singkatan dari Global Warming Potensial artinya pemanasan bumi yang terjebak didalam atmosphere kita sehingga bumi akan semakin panas.

ODP dan GWP inilah yang sekarang disebut dengan perubahan iklim, dimana sekarang musim yang ada di bumi selalu berubah - ubah tidak jelas dimana musim hujan dan musim panas pada iklim tropis hal ini disebabkan mencairnya kutub utara dan selatan bumi.

Cooling Index adalah angka index pendinginan pada refrigerant.

Flammablilitiy adalah tingkat mudahnya refrigerant itu terbakar. R290 memiliki tingkat mudah terbakar paling tinggi dengan syarat terjadi terbakar harus ada unsur segitiga api. pada segitiga api ini masih ada syarat batas bawah dan batas atas kandungan HC dalam suatu ruangan , dengan melihat volume ruangan dan volume musicool , tidak akan pernah tercapai untuk terjadinya segi tiga api ini.
Segi Tiga Api Hidrokarbon

Nah disini pentingnya teknisi yang mengerjakan memiliki sertifikasi dan mengerjakan sesuai standart operasional yang sudah ditentukan. Sudah jelaskan sampai disini guys..... , nah yang jadi pertanyaan berapa biaya retrofit ke Musicool ?

Biaya retrofit, tergantung dari jenis refrigerant awal akan membedakan, kenapa berbeda ? karena adanya perlakuan khusus pada unit yang dilakukan retrofit.
Biaya Retrofit Musicool berdasarkan refrigerant awal
R410 dan R32 akan ada perlakuan khusus dibandingkan R22 , hal ini beda tekanan kerja pada refrigerant , dimana R410 dan R32 tekanan kerja antara 120 - 150 psi.


Nah gambar diatas adalah salah satu contoh yang kami kerjakan , sampai sekarang sudah ada yang berusia 6 tahun unit ac yang sudah kami retrofit dan tidak mengalami kendala atau masalah. dibawah ini link yang kami retrofit pada 2018 di PT. ARPENI PLTU JEPARA ( klik PT ARPENI untuk buktinya )


Tunggu apalagi guys, segera hemat kan listrik penggunaan AC anda, hubungi CS kami , dengan senang hati akan menjawab segala pertanyaan anda mengenai Solusi AC Hemat Listrik dan ikut menjaga perubahan iklim bumi kita guys.....

Eh min , boleh artikel ini saya copy paste ? silahkan , tetapi jangan lupa yah , sertakan sumbernya hehehehe







No comments:

Post a Comment